PEMBERDAYAAN GURU-GURU SENI BUDAYA SMP KOTA PARIAMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI RUPA

  • Mediagus Mediagus Mediagus
  • Asra Ilal Khairi Universitas Negeri Padang
  • Abd Hafiz Universitas Negeri Padang
  • Erwin Erwin Universitas Negeri Padang
  • Zubaidah Zubaidah Universitas Negeri Padang

Abstract

  Umumnya guru-guru seni budaya SMP Kota Pariaman belum menguasai materi seni rupa, sehingga materi ini belum terlaksanakan dengan baik. Padahal seni rupa adalah salah satu materi mata pelajaran seni budaya dan harus diajarkan dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Tidak terlaksananya materi seni rupa di SMPN Bukittinggi, karena pada umumnya (70%) guru-guru seni budaya berlatar belakang pendidikan seni drama tari dan musik dan hanya 30% yang berlatar belakang pendidikan seni rupa.

            Berdasarkan kesepakatan antara tim pelaksana dengan mitra yakni Kepala SMPN 1 Pariaman dan Ketua MGMP Seni Budaya SMP Kota Pariaman, maka disepakati bahwa permasalahan prioritas yang akan diselesaikan dengan segera adalah dua aspek, yakni: 1) penguasaan materi seni rupa, karena pada umumnya kemampuan guru-guru seni budaya SMP Kota Pariaman menguasai materi seni rupa masih kurang, 2). penguasaan strategi pembelajaran. Solusi yang ditawarkan untuk penyelesaian masalah ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru seni budaya terutama bagi guru yang tidak berlatar belakang pendidikan seni rupa/kerajinan.

          Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa PKM ini adalah; 1) pada umumnya (90%) guru-guru sudah menguasai materi seni rupa khususnya materi pembelajaran membatik, 2) pada umumnya (80%) guru-guru sudah menguasai strategi pembelajaran dengan baik.

Published
2020-11-24
How to Cite
Mediagus, M., Khairi, A., Hafiz, A., Erwin, E., & Zubaidah, Z. (2020, November 24). PEMBERDAYAAN GURU-GURU SENI BUDAYA SMP KOTA PARIAMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI RUPA. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 14(2), 738-745. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v14i1.66
Section
Articles