PEMBINAAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH BUKITTINGGI DENGAN KETERAMPILAN KREASI KERAJINAN MAKRAME

  • Zubaidah Zubaidah

Abstract

Diera globalisasi seperti sekarang ini diperlukan strategi peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengembangan SDM dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas melalui keterampilan, kemampuan kerja, dan loyalitas kerja kepada suatu lembaga, yayasan ataupun organisasi. tidak terkecuali pada SDM anak-anak di panti asuhan.

Panti Asuhan merupakan salah satu wadah perlindungan serta pembinaan bagi anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu serta anak terlantar. Wadah ini bersifat independen yang bernaung dibawah suatu yayasan yang salah satunya adalah Aisyiyah. Yayasan Aisyiyah ini menyediakan fasilitas untuk putra  dan putri dengan sarana yang sudah memadai seperti asrama putra dan putri, tempat ibadah, olah raga dan dilengkapi dengan struktur kepenpesertasan yang tertata dengan baik.

Selain kegiatan formal yang harus didikuti anak-anak panti asuhan melalui sekolah, juga dilengkapi dengan kegiatan non formal diluar jam sekolah yang lebih dititik beratkan pada upaya membekali anak dengan berberapa keterampilan sebagai bekal untuk dirinya agar dapat hidup mandiri ditengah-tengah masyarakat. Di samping itu membekali keterampilan bagi anak-anak panti asuhan merupakan suatu usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membantu anak-anak panti asuhan untuk mengembangkan keterampilan dibidang kriya makrame dengan berbagai jenis bahan dan teknik untuk produk-produk benda pakai dan benda seni.

Pelatihan keterampilan makrame ini yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang sangat bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan sebagai bekal bagi mereka untuk berwirausaha kelak, jika mereka tidak lagi menjadi tanggung jawab pihak Yayasan. Untuk mencapai sasaran sebagaimana yang diharapkan, maka kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda ceramah, presentai, tanya jawab, dan penugasan, sehingga setiap peserta menghasilkan produk/ kriya makrame yang bernilai seni dan benilai pakai serta bernilai jual.

Published
2020-11-23
How to Cite
Zubaidah, Z. (2020, November 23). PEMBINAAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH BUKITTINGGI DENGAN KETERAMPILAN KREASI KERAJINAN MAKRAME. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 14(2), 724-737. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v14i1.65
Section
Articles