PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENALKAN PHUBBING PADA PUBLIK DI KOTA PADANG

  • ifdal ifdal ISI Padang Panjang
  • Syafwandi Syafwandi Universitas Negeri Padang
Keywords: Phubbing, edukasi, perancangan, Iklan Layanan Masyarakat, Kota Padang

Abstract

Phubbing merupakan tindakan anti sosial yang mengabaikan orang disekitar, baik lingkungan keluarga, perkuliahan dan pergaulan, dampak yang ditimbulkan phubbing adalah rusaknya hubungan sosial hilangnya etika dan kesantunan, etika berkomunikasi dan jauh menjadi dekat yang dekat menjadi jauh. Perancangan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang dampak phubbing kepada publik di Kota Padang, melalui media iklan layanan masyarakat (ILM). Perancang menggunakan metode glassbox, merancang berdasarkan analisis dan sintsesis. Dimana orang bisa melihat proses kreatif seperti di dalam sebuah kotak kaca yang tembus pandang, apapun yang terjadi di dalamnya bisa diketahui. Perancang menggunakan teori iklan layanan masyarakat, teori warna, teori motion grafis, teori komunikasi.  Bertujuan untuk mengetengahkan pembicaraan yang sifatnya memperkuat, kemudian memberikan ilustrasi dan menyodorkan informasi kepada khalayak, tujuan mengubah sikap dan perilaku target audience yang dituju. Hasil dari perancangan berupa artikel, iklan layanan masyarakat dalam bentuk infografis, iklan radio, banner, billboard, poster, stiker, sign, T-shirt, kalender, stiker oneway, iklan koran dan mug, sosialisasi. diharapkan publik di Kota Padang mengerti dampak negatif dari Phubbing dan lebih menghargai orang-orang di sekitar, demi terjaga hubungan baik dalam lingkungan sosial.

Published
2020-10-23
How to Cite
ifdal, ifdal, & Syafwandi, S. (2020, October 23). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENALKAN PHUBBING PADA PUBLIK DI KOTA PADANG. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 14(1), 673-686. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v13i2.62
Section
Articles