PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • handriani jusmita Universitas Negeri Padang
  • Suib Awrus Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Media Video, Hasil Belajar, Studi Literatur

Abstract

Agar siswa mendapatkan hasil belajar yang bagus, guru dituntut untuk selalu kreatif dan memiliki variasi dalam mengajar agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, namun masih ada guru yang belum memiliki variasi dalam mengajar, guru belum menggunakan media yang tepat, guru masih banyak yang menggunakan media berupa papan tulis, dan media gambar sehingga menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi yang bersifat konsep dan keterampilan seperti pada pembelajaran seni rupa. Berdasarkan pencarian di google scholar ditemukan banyak penelitian mengenai penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, untuk itu penulis mengkaji penggunaan video pembelajaran tersebut. Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tepat penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran seni rupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Data yang didapatkan berasal dari artikel yang berkaitan dengan variabel yang dipakai, penulis mendapatkan artikel tersebut dari google scholar. Setelah mengkaji 16 artikel rujukan didapatkan hasil belajar rata-rata setelah menggunakan media video pembelajaran sebesar 79.18. Rata-rata hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.

Published
2020-10-09
How to Cite
jusmita, handriani, & Awrus, S. (2020, October 9). PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 14(1), 648 - 655. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v13i2.59
Section
Articles