PELATIHAN KETERAMPILAN SCREEN PRINTING UNTUK PEMUDA/PEMUDI PASCA REHAB KORBAN PENYALAHGUNAAN NAFZA (NARKOBA) DI KEL. DADOK TUNGGUL HITAM PADANG

  • San Ahdi Universitas Negeri Padang
  • Budiwirman Budiwirman Universitas Negeri Padang
  • Eko Purnomo Universitas Negeri Padang
Keywords: Keterampilan, Screen Printing, Nafza

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program penerapan IPTEKS kepada pemuda/pemudi Pasca Rehab Korban Penyalahgunaan Nafza (Narkoba)di Kel. Dadok Tunggul Hitam Padang, agar dapat memahami konsep dasar, prinsip-prinsip cetak screen/sablon dan proses pengembangannya, membantu pemuda/pemudi mengembangkan desain, fungsional, argonomis, estetis, dan ekonomis. Kerangka pemecahan masalah yang ditawarkan adalah pemberian materi wawasan desain dan keterampilan pengembangan desain cetak screen/sablon. Metode yang digunakan meliputi metode ceramah, Tanya jawab diskusi, demostrasi, latihan terbimbing dan resitasi. 

Kalayak sasaran adalah pemuda/pemudi putus sekolah Pasca Rehab  yang memiliki kemampuan dasar membuat desain dan dapat menggunakan perangkat cetak sablon, dengan jumlah 15oarang.

Hasil akhir dari rangkaian pelaksanaan menunjukkan bahwa secara umum adanya peningkatan wawasan desain. Hal ini dinilai dari kualitas jawaban yang diberikan pemuda/pemudi sesudah mengikuti penyajian materi desain cetak screen/sablon. Selanjutnya, adanya peningkatan kemampuan merancang desain dengan menggunakan perangkat cetak screen/sablon dinilai dari kualitas hasil cetak yang lansung pada baju kaos untuk digunakan oleh pemuda/ pemudi yang  khasuntuk Korban Penyalahgunaan Nafza (Narkoba) di Kel. Dadok Tunggul Hitamtersebut.

Published
2019-04-22
How to Cite
Ahdi, S., Budiwirman, B., & Purnomo, E. (2019, April 22). PELATIHAN KETERAMPILAN SCREEN PRINTING UNTUK PEMUDA/PEMUDI PASCA REHAB KORBAN PENYALAHGUNAAN NAFZA (NARKOBA) DI KEL. DADOK TUNGGUL HITAM PADANG. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 11(02), 362-369. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v11i02.37
Section
Articles