MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI BAHAN PRAKTIKUM MONTASE, KOLASE, DAN MOZAIK PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN
Abstract
Masalah prioritas yang akan diselesaikan dilihat dari dua aspek kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) Manajemen bahan praktikum pembelajaran dan (2) Penguasaan dan penerapan materi pembelajaran keterampilan kerajinan. Pemecahan masalah dilaksanakan dengan pendekatan: (1) Rancangbangun model dan media presentasi, (2) penyuluhan, dan (3) pelatihan. Target luaran dan hasil kegiatan adalah: (1) minimal 80% materi (a) manajemen bahan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 81,12% materi dikuasai peserta, (b) pembelajaran keterampilan kerajinan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 82,88% materi dikuasai peserta. (2) Telah dihasilkan produk berupa: (a) model karya montase, kolase, dan mozaik dan media presentasi, (b) identifikasi bahan praktikum dari barang bekas yang ada di sekitar murid, (c) karya montase, kolase, dan mozaik dari barang bekas.