MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI BAHAN PRAKTIKUM MONTASE, KOLASE, DAN MOZAIK PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN

  • Erwin A Universitas Negeri Padang
  • Yasrul Sami Universitas Negeri Padang
  • Yusron Wikarya Universitas Negeri Padang
  • Irwan Irwan Universitas Negeri Padang
Keywords: Bahan praktikum dari barang bekas, montase, kolase, mozaik

Abstract

Masalah prioritas yang akan diselesaikan dilihat dari dua aspek kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) Manajemen bahan praktikum pembelajaran dan (2) Penguasaan dan penerapan materi pembelajaran keterampilan kerajinan. Pemecahan masalah dilaksanakan dengan pendekatan: (1) Rancangbangun model dan media presentasi, (2) penyuluhan, dan (3) pelatihan. Target luaran dan hasil kegiatan adalah: (1) minimal 80% materi (a) manajemen bahan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 81,12% materi dikuasai peserta, (b) pembelajaran keterampilan kerajinan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 82,88% materi dikuasai peserta.  (2) Telah dihasilkan produk berupa: (a) model karya montase, kolase, dan mozaik dan media presentasi, (b) identifikasi bahan praktikum dari barang bekas yang ada di sekitar murid, (c) karya montase, kolase, dan mozaik dari barang bekas.

Published
2018-12-18
How to Cite
A, E., Sami, Y., Wikarya, Y., & Irwan, I. (2018, December 18). MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI BAHAN PRAKTIKUM MONTASE, KOLASE, DAN MOZAIK PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN. Ranah Seni: Jurnal Pendidikan Seni, Seni Dan Desain, 12(01), 452-462. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ranahseni.v12i01.33
Section
Articles